>head>
Health  

Pecinta Kuda Pacu Demo Pemda Bima Minta SE Larangan Joki Cilik Dicabut

Massa aksi pecinta kuda Bima demo depan Kantor Bupati Bima

Bima, Sekilasinfontb.com.- Pecinta kuda pacu Bima melakukan aksi demontrasi di depan Kantor Bupati Bima, Kamis (28/7/22). Mereka meminta Surat Edaran (SE) Bupati Bima tentang penggunaan joki Cilik pada pacuan kuda Bima dicabut kembali.

“Kami hadir untuk meminta Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mencabut kembali SE yang telah dikeluarkan,” kata Korlap Fahri, H. M Noor, S. Sos.

Menurut Fahri, sebagai penanggungjawab aksi, apabila joki cilik dilarang menunggang kuda pacuan di Bima, maka bisa dipastikan kuda lokal tidak memiliki ruang untuk ikut pacuan.

“Mana bisa kuda lokal (kecil) ditunggangi joki dewasa, yang pasti kelas khusus kuda lokal akan hilang dalam perlombaan,” Kata dia.

Lanjut Fahri, joki Cilik merupakan simbol keunikan budaya pacuan kuda Bima yang dibudayakan sejak lama.

Pacuan kuda Bima menggunakan joki cilik sudah dikenal oleh dunia karena pelaksanaan secara tradisional dan masih dilestarikan oleh masyarakat.

“Ini sudah terjadi sejak lama dan menyatu dengan masyarakat Bima, jadi Bupati harus mencabutnya,” kata dia.

Perlu diketahui, kuda lokal sudah banyak memberi kontribusi bagi masyarakat lebih khusus para peternak kuda.

“Bayangkan ada seribu kuda lokal, berarti ada seribu orang peternak yang dipekerjakan,” katanya.

Selain mencabut SE Bupati Bima, pecinta kuda pacu Bima juga meminta Pemda Bima untuk mengalokasikan kembali anggaran untuk pacuan kuda.

Aksi demo pecinta kuda pacu berjalan damai dengan dikawal anggota Polres Bima dan Satu Pol PP, aspiras disampaikan tersebut diterima oleh Staf Ahli Bupati Bima Iwan Setiawan SE. (SI-01).

>head>
5 1 vote
Beri Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
.