>head>

Pemkot Bima Kembali Ikuti Vicon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024

Kota Bima, Sekilasinfontb.- Pemerintah Kota Bima kembali mengikuti video konferensi (Vicon) rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah tahun 2024, yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT. dan dihadiri oleh para pimpinan OPD lingkup Kota Bima serta berbagai Stakeholder terkait, bertempat di Ruang rapat Wali Kota Bima, Senin 27 Mei 2024.

Dalam Vicon bersama Kemendagri RI tersebut dipaparkan bahwa Kabupaten/Kota pada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami kenaikan IPH tertinggi dari 10 Kabupaten/Kota lainnya di luar pulau Jawa dan Sumatera , yaitu mencapai 7,01 % dengan komoditas andil terbesar Bawang merah (1,7895 %) Beras (1,1493 %) dan Daging ayam ras (0,7823 %).

Sementara itu, komoditas penyumbang andil kenaikan IPH terbesar di 10 wilayah tersebut didominasi oleh Bawang merah, Cabai merah, dan Cabe rawit, sumber data diolah dari SP2KP Kemendag tanpa 150 kota IHK.

Berdasarkan pemantauan harga sampai minggu keempat di bulan Mei 2024 ini, perbandingan harga beberapa komoditas pangan antara bulan Mei dengan bulan April 2024 cenderung pada kisaran yang tetap dengan sedikit fluktuasi.

Jumlah Kabupaten/Kota yang harga harganya meningkat cenderung tidak berubah banyak dari minggu ke minggu di bulan Mei,
Perbandingan harga Bawang merah dan Cabai merah bulan Mei dengan April yang tinggi mengindikasikan potensi inflasi dari dua komoditas ini, meskipun demikian terlihat tren penurunan dari minggu ke minggu di bulan Mei 2024.

Selain itu, perkembangan harga jagung pakan tingkat Daerah juga menjadi poin penting yang dibahas dalam Rakor Vicon tersebut, secara mingguan harga meningkat di 11 Provinsi, turun di 7 Provinsi dan tetap di 9 Provinsi. Lima Provinsi dengan harga terendah (per 22 Mei 2024) yaitu, Nusa Tenggara Barat (Rp 4350/kg), Lampung (Rp 4840/kg), Sulawesi Selatan (Rp 5180/kg) Sulawesi Utara (Rp 5200/kg) dan Jawa Barat (Rp 5210/kg).

Tak hanya itu, dari perkembangan harga tersebut, Badan Pangan Nasional menggelar beberapa kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) antara lain, dilakukan pengiriman jagung Bima ke Blitar raya selama minggu-IV Bulan Mei sebesar 166,3 ton untuk membantu menyerap panen raya jagung di petani dan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan jagung agar harga tidak jatuh.

Rakor ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga kesejahteraan masyarakat dan stabilitas ekonomi di tengah tantangan global dan domestik. (red).

>head>
0 0 votes
Beri Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
.